Sabtu, 25 Juni 2011

toilet training.....

yup...toilet training...
ini sebenarnya hal yang alamiyah , bagaimana si anak akan berhenti mengompol dan bisa BAK atau BAB ke kamar mandi sendiri atau di antar "pada waktunya"...
Waktu kita kecil pun kita akhirnya bisa berhenti mengompol.... 
Tapi ada pendapat bahwa kita bisa melatih anak untuk lebih cepat bisa merasakan dan mengontrol "hasrat nya" kalimat gampangnya adalah "si anak tau ketika dia merasakan ingin pipis atau pup..."
Mengajarkan anak untuk BAK dan BAB di kamar mandi (toilet training) memang tidak mudah. Butuh beberapa kesiapan, terutama kesiapan dari si anak itu sendiri. Toilet training merupakan cara untuk melatih anak agar bisa mengontrol ‘hajatnya’, apakah itu saat ia ingin buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB). Selain itu, anak diharapkan mampu BAK dan BAB di tempat yang telah ditentukan. (http://wrm-indonesia.org).
ada beberapa tahap toilet training dan ada beberapa tanda untuk melihat kesiapan anak untuk memulai toilet training ini cek ini ya..

tapi saya benar-benar merasa proses toilet training kedua jagoan saya (yang saat ini berusia 4,2th dan 2,7th), sangat-sangat alamiah...saya tidak pernah membangunkan anak saya malam-malam untuk pipis, hanya sebelum tidur saya ajak ke kamar mandi untuk cuci kaki,tangan, muka dan sikat gigi sekaligus pipis. (walaupun kadang bocor juga kalau malam...hehe)
hanya saja zahdan lebih cepat prosesnya ketika saya mulai ToTra, zahdan sudah mulai tidak pake diapers pada saat dia usia kurang lebih 1,5th (karena dia sudah jadi kakak..hehe.. secara gt lho..daripada buat beli diapers sekali pake mendingan buat beli susu yang "baguus" kalee....karena zahdan berhenti menyusu ASI ketika saya mengandung adiknya )
dan alhamdulillah usia 2 tahun zahdan sudah bisa mengontrol "hasrat"nya bahkan ketika usia belum genap 3th zahdan bisa menahan untuk tidak pup di celana (karena dia sudah ga mau pake diapers. dan pada saat itu, saya dan dua jagoan saya sedang naik angkutan umum dan kejebak macet di jalan tol jagorawi,sampe keluar keringat dingin lho waktu itu...maaf ya sayang.)

yazdad beda lagi saya mengira dia "lebih lambat" dibanding kakaknya untuk ToTr.
karena saya ingin prosesnya se alamiah mungkin...maka saya sedikit "membiarkan" sampai si anak siap. sampai usia 2 th yaz kadang2 masih betah dengan diapersnya terutama ketika saat bepergian...kadang sampai penuh dia ogah ganti (hadoooh ini yang sering bikin kulitnya merah-merah, sp beli lotion buat ruam popok..), pada usia 1,5 th dia sudah mulai ga pake diapers dan sudah bisa bilang pipis dan kadang2 selamat sampai kamar mandi sebelum pipis di celana kadang tidak selamat juga :), dan segalanya kembali ke Nol ketika dia kemudian harus kembali memakai diapers karena kami harus pindah ke daerah puncak bogor, karena harus bolak balik jakarta-puncak dan karena udara puncak yang dingin sehingga cucian menumpuk, najis bisa berceceran dimana saja dan saya tidak punya asisten (hehe demi kenyamanan bersama akhirnya saya putuskan untuk kembali memakaikan diapers untuk de Yaz), ketika yaz sudah biasa pipis dan pup ditempatnya di kamar mandi kecuali ketika bepergian masih harus pake pampres (demi "keamanan" bersama hehe), alhamdulillah saat ini, yazdad sudah bisa lepas diapers saat dirumah ataupun bepergian, tapi ada kasus "kemunduran" atau apalah namanya dalam proses ToTra yazdad dan ini pun terjadi pada zahdan, yaitu di usia 2,3th sp sekarang (zahdan juga sama) suka ada ritual menahan pipis..dia suka menghentak2kan kakinya berlarian tak tentu arah atau berputar2 sambil memegang alat kelaminnya, sebagai ekspresi ingin pipis...tapi ketika di tanya atau diajak "de2/aa mau pipis? atau ayo dede/aa pipis dulu yuk?jawabnya "ngak kok tuuh..ga pipis kan, katanya".dan terkadang ketika dia akhirnya "menyerah" mau pipis dibuka celana pasti aja suka ada bercak pipis walau sedikit..... 
semoga tidak berkelanjutan.... ya sayaaang..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasih masukan yah !