Kamis, 09 Juni 2011

Perkenalan dengan HOMESCHOOLING

Denger istilah HS udah dari masa kuliah...tapi saat kuliah belum konsen cari info mengenai itu,maklum beda jurusan..(dan cara belajar masih cara konvensional yang tidak bersinggungan langsung, tidak ngotot dicari..hehe sambil garuk-garuk), tapi kalau dunia pendidikan formal dan anak-anak dari dulu sejak madrasah tsanawiyah sudah terjun langsung (biasa anak madrasah biasanya di percaya ngajar ngaji di TPA milik keluarga besar hehe contoh nepotisme yang positif...) dan waktu madrasah aliyah pun begitu..kami dapat mata pelajaran didaktik (yang sumpah deeeh udah pada lupa..secara..kira2 udah 13 th yang lalu..ckckck..berasa tua neeh geleng-geleng) ada juga mata pelajaran psikologi anak dan perkembangan..(haha..kalo yang iniii...hampir sama...ingat2 dikit..banyak lupanya xixi). waktu kulaih pun begitu, sering ikut berbagai kegiatan sosial/baksos ke daerah2 dan tugasnya salah satunya mengajar di kelas, ada satu pengalaman yang wah yang sekaligus memilukan..pada saat kegiatan di salah satu daerah transmigran di kaki gunung ..kalo ga salah nama daerahnya "Usang Pulo", pokoknya ada di Lampung Barat, Lampung itu lho yang terkenal daerah krui nya itu.., disana benar2 daerah yang tak terjamah jangankan untuk jaringan satelit (internet maksudnya hehe), jalan pun hanya jalan setapak,tak ada listrik, hewan2 semacam babi hutan liar, monyet dll masih berkeliaran di depan pondokn kita yang berupa gubuk kosong beralaskan tanah, tak ada MCK pula wuih..baksos yang benar2 baksos. dan disana terdapat bangunan sekolah (itu pun kalo masih layak di sebut bangunan..,karena seperti rumah kosong yang di film2 yang tak terawat dan rusak dimana2) dengan 2 orang guru (dan menurut murid2nya yang cuma beberapa orang, salah satu gurunya itu galak dan tidak segan2 memukuli muridnya yang katanya "nakal" huwaa ...huwaaa... sedih banget kalo ingat itu), jadilah kami hanya mengajar yang sifatnya keterampilan saja.....

baksos ni dananya hasil "swadaya" kita "ngecrek" cari dana di jalanan pondok indah n pondok pinang. itu tuch..jalanan yang sering macet pas jam2an pulang kantor, selama dua bulanan dan tidak memprediksikan sebegitu memprihatinkannya salah satu tempat baksos kami di lampung itu,jadi terbatas gitchu aksi kita nya, sayangnya baksos nya juga cuma sebulan dipotong perjalanan jakarta- lampung jadi..yah pastinya jauh dari kata maksimal apalagi "sempurna".....

Dan pengalaman terakhir berhubungan dengan anak2 sebelum menikah dan punya anak sendiri adalah ketika jadi social worker Unicef & Muhammadiyah, pada waktu bencana tsunami di NAD. sy ikut dalam team Childrens Centre sebagai Psychosocial team bersama teman2 dari berbagai daerah dan universitas. sungguh pengalaman yang tak terlupakan, sarat akan pengetahuan (bagi saya), petualangan ala backpacker dan mengharukan selama kurang lebih 8 bulan di cot seumeureung (meulaboh, Aceh Barat) dan cot seurani, (Lhokseumawe) di NAD bersama teman-teman kecil sy dengan beragam trauma ..... 

(lho..lho..lho..kok kayaknya jadi kebanyakan introductionnya ya...hehe okeh lah kalo begitu..ayo kita mulai cerita perkenalan sy dengan si "HomeSchooling" ).


Baiklah begini ceritanya....



setelah lulus kuliah..sy kemudian memutuskan menikah....dan akhirnya lahirlah zahdan dan yazdad....kami masih belum "bertemu" apalagi "kenalan" dengan si "HS" ini. hingga pada suatu hari kami bertamu kerumah teman saya, ayah dan bunda nya kaka aura dan dede adiz...ini pertemuan kami yang entah kesekian kalinya...(kami sering saling berkunjung karena kebetulan sudah kenal sejak kuliah, satu komunitas himpunan mahasiswa primordial dan kebetulan juga usia anak2 kami sebaya dua2nya...cuma beda beberapa bulan.) pada pertemuan itulah mengalir cerita tentang si HS dan cerita bahwa kaka aura dan dede adiz udah di "kenalkan" dengan "om HS" hehhe jayuz ya...kami mulai tertarik dan mulai mencari tau siapa, apa, atau makhluk apakah  HS itu...awalnya kami mengasumsikan bahwa homeschooling adalah kegiatan persis seperti sekolah formal (ada jam masuk/mulai KBM, duduk manis di dalam ataupun di luar ruangan,kurikulum baku per jam mata pelajaran de el el gitu dech...xixixi..katro yak..) tapi dilaksanakn di rumah. kami pun dipinjami buku oleh bunkadiz,buku tentang homeschooling keluarga kak seto dan buku panduan HS dr diknas (bukunya masih belum di balikin hihi...malu..).


tapi kemudian karena kami harus pindah ke Bogor...hiks..hiks.. jadilah kami sendiriaan jauuuh dari sanak saudara dan handai taulan...hehe lebay yaa... biarin akh...yang penting eksiis..waduh apa coba  ^_^
kami harus berjuang sendiri..n tertunda untuk memulai kegiatannya..
ditambah ada "godaan yang menarik" di tengah jalan....yaitu dapet tawaran "keduakalinya" (tawaran pertama ketika hamil yazdad) beasiswa S2 komunikasi di SAHID university...  benar2 dilema :( , yang akhirnya di lewatkan saja... demi jagoan2 ku :)


 Akhirnya... sedikit demi sedikit kami mulai sering "mendatangi" mbah google untuk tanya2 tentang HS, dan kemudian sembari sedikit demi sedikit mengenalkan proses HS ke zahdan.
dan dari mbah google ini pula saya berkenalan dengan emagazine sekolahrumah yang belakangan saya tau itu asuhan pak Aar dan mba lala yang informatif serta banyak menginspirasi saya dalam proses homeschooling, komunitas HS berkemas dan dari blog komunitas berkemas sy berkenalan dengan mba dara maina (ummi rafif). 
yang juga melakukan HS dan dari blog mba dara pula saya banyak mendapatkan link keg HS.

akhirnya setelah saya rasa informasi dasar tentang HS cukup untuk memulai "serius" kegiatan HS zahdan, akhirnya  saya mulai focus melaksanakan HS/HE pada saat zahdan sembuh dari luka khitannya paas...Zahdan berusia 4 th. dan Yazdad berusia 2,5 th.

walaupun suuuuliiiiit soalnya sy orangnya moody trus agak2 ga disiplin gimaaanaaa gitchu...hehe.. ditambah dengan tidak adanya assisten dirumah (lengkaplah sudah...:d ) jadilah kegiatan diawali dengan acak adul...alias keteteran pada saat mulai kegiatan... xixixi..
tapi lama kelamaan mulai di atur ritmenya (cieeh..bahasanya...ritme hehey...)


begitulah sodare-sodare....perkenalan keluarga kami dengan homeschooling....

doakan yeeeh..biar berhasil....kegiatannya...
^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasih masukan yah !